Laman

Minggu, 04 Desember 2011

Hormon Estrogen


Hormon Estrogen

Pembahasan

2.1 Pengertian
Hormon estrogen adalah hormon steroid seks dengan 18 atom C dan dibentuk terutama dari 17-ketosteroid androstenedion. (Sarwono Prawirohardjo, ilmu kandungan)
Hormon estrogen adalah hormon seks yang diproduksi oleh rahim untuk merangsang pertumbuhan organ seks, seperti; payudara dan rambut pubik; mengatur siklus menstruasi.
Hormon Estrogen merupakan hormon steroid kelamin karena memiliki struktur kimia berintikan steroid dan secara fisiologik sebagian besar diproduksi oleh kelenjar endokrin sistem reproduksi. Hormon ini dihasilkan oleh Folikel Graaf. Pembentukan estrogen dirangsang oleh FSH.
Berdasarkan struktur kimia, estrogen yang digunakan dalam terapi dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu:

1.      Steroid

Ketiga estrogen alami utama dalam perempuan estron (E1), estradiol (E2), dan estriol (E3). Estradiol (E2) adalah bentuk dominan pada wanita tidak hamil, estron diproduksi selama menopause, dan estriol merupakan estrogen utama kehamilan. Dalam tubuh ini semua diproduksi dari androgen melalui tindakan enzim.
Meskipun orang sering menganggap estrogen sebagai entitas tunggal, hormon ini sebenarnya tiga molekul biokimiawi berbeda yang secara alami tubuh memproduksi Ketiga molekul estrogen memiliki kegiatan yang berbeda yang membuat mereka lebih atau kurang "estrogenik:".
·      Estrone lebih lemah dari estradiol. Estron dibuat dari lemak tubuh.Dari menarche dengan menopause estrogen utama adalah 17β-estradiol. Pada wanita postmenopause lebih estron hadir dari estradiol. Ia wujud dengan banyak untuk wanita yang putus-haid.
·         Estradiol adalah dihasilkan dari testosteron dan estron dari androstenedion oleh aromatase. Estradiol dibuat dari ovarium, dan memberikan penampilan wanita melengkung mereka.  
·      Estriol hadir dalam jumlah kecil dan sebagian besar dibuat selama kehamilan

Premarin, obat estrogenik sering diresepkan, mengandung estrogen dan steroid equilin equilenin, selain estron sulfat tetapi karena resiko kesehatan, lebih banyak estrogen genetik bernama Progynova (estradiol valerat) sekarang lebih sering diresepkan.

2.      Nonsteroid

Berbagai bahan sintetis dan alami telah diidentifikasi yang juga memiliki aktivitas estrogenik.
·      Zat sintetis dari jenis ini dikenal sebagai xenoestrogens.
·      Tanaman produk dengan aktivitas estrogenik yang disebut fitoestrogen.
·      Yang dihasilkan oleh jamur yang dikenal sebagai mycoestrogens.

2.2 Fungsi Hormon estrogen
·      Estrogen bertanggung jawab untuk perkembangan reproduksi wanita terutama selama masa pubertas.
·      Estrogen bertanggung jawab untuk mempercepat pertumbuhan tubuh wanita, dan kemudian berperan mengembangkan rahim, ovarium, dan sistem reproduksi lain sehingga tubuh siap untuk mendukung kehamilan.
·      Estrogen juga berperan membantu perkembangan dan pembesaran payudara, meningkatkan timbunan lemak di lapisan subkutan, membantu perkembangan panggul, pertumbuhan rambut ketiak dan kemaluan, serta berbagai fungsi metabolik lainnya.
Fungsi Estrogen (hormon seks wanita) yang umumnya diproduksi oleh rahim yakni :
1.      Merangsang pertumbuhan organ seks anak perempuan, seperti halnya payudara dan rambut kelamin, dikenal sebagai karakteristik seks sekunder.
2.      Estrogen juga mengatur siklus menstruasi.
3.      Menjaga kondisi dinding vagina dan elastisitasnya, serta dalam memproduksi cairan yang melembabkan vagina.
4.      Mereka juga membantu untuk menjaga tekstur dan fungsi payudara wanita.
5.      Mencegah gejala menopause seperti hot flushes (rasa panas didaerah tubuh bagian atas dan gangguan mood)
6.      Mempertahankan fungsi otak.
7.      Mengatur pola distribusi lemak di bawah kulit sehingga membentuk tubuh wanita yang  feminine
8.      Meningkatkan pertumbuhan dan elastisitas serta sebagai pelumas sel jaringan (kulit, saluran kemih, vagina, dan pembuluh darah).
9.      Estrogen juga mempengaruhi sirkulasi darah pada kulit, mempertahankan struktur normal kulit agar tetap lentur, menjaga kolagen kulit agar terpelihara dan kencang serta mampu  menahan air.
10.  Produksi sel pigmen kulit
11.  Pada pria, estrogen tidak memiliki fungsi yang diketahui. Namun, kadar yang terlalu tinggi dapat mengurangi selera seksual, menyebabkan kesulitan ereksi, pembesaran payudara, dan kehilangan rambut tubuh pada beberapa pria.

2.3 Mekanisme Kerja Hormon Estrogen
Hormon steroid berdifusi melalui membran sel dan terikat dengan afinitas tinggi pada reseptor protein sitoplasmik spesifik. Afinitas terhadap reseptor bervariasi dengan estrogen spesifik aktivasi kompleks steroid-reseptor memasuki nukleus dan berinteraksi dengan kromatin inti untuk memulai sintesa RNA hormon spesifik yang memerantarai sejumlah fungsi fisiologis.
Hubungan estrogen dan menopause pada wanita menopause terjadi penurunan sekresihormon estrogen dan progestin (terutama estrogen) sehingga mempengaruhi keadaan dari tubuh, karena estrogen juga berperan dalam banyak hal seperti pada organ kardiovaskular, traktur urogenitalis, tulang dan vasomotor. Sehingga menoupase akan berdampak pada organ tersebut sehingga diperlukan juga “terapi penggati estrogen” pada wanita menopause. Manfaat penggantian estrogen pasca menopause
·         Tidur : Estrogen mengurangi gangguan pasca menopause dalam hal tidur.
·         Kardiovaskular : estrogen memberikan efek protektif terhadap penyakit kardiovaskular, yang menyebabkan penurunan LDL dan peningkatan kadar HDL dalam plasma.
·         Traktus urogenital : pengobatan estrogen membalikan atropi pasca menopause pada vulva, vagina, uretra, dan trigonum kandung kemih.
·         Osteoporosis : estrogen menurunkan resorpsi tulang tetapi tidak mempunyai efek pada pembentukan tulang.
·         Vasomotor : pengobatan estrogen menegakkan kembali feed back pada kontrol hipotalamus sekresi norefineprin, yang menyebabkan berkurangnya ruam panas.
Farmakokinetik estrogen alamiah adalah mudah diabsorbsi melalui saluran pencernaan, kulit dan membran mukosa. cepat diabsorbsi juga bila intra muscular. Sebaliknya estrogen sintetik Misalnya etinil estradiol, mestranol mudah diabsorbsi stlh peroral, kulit, membran mukosa. Metabolisme lebih lambat dibanding estrogen alami. Disimpan dalam adiposa dan di lepaskan secara lambat. Efek lebih lama dan potensi lebih tinggi dibanding estrogen alami.
Kadar normal
Kisaran normal estrogen bergantung pada usia. Wanita berusia antara 20 sampai 29 tahun memiliki tingkat estrogen rata-rata 149 pg/ml (piktogram per mililiter). Seorang wanita berusia 30 hingga 39 tahun rata-rata memiliki kadar 210 pg/ml. Sedang perempuan berusia lebih dari 40 tahun dan belum mengalami menopause akan memiliki tingkat estrogen rata-rata 152 pg/ml. Tingkat rata-rata dapat bervariasi dari hari ke hari tergantung pada siklus haid tiap wanita.

2.4 Indikasi dan Kontraindikasi
• Indikasi
1.      Kontrasepsi. Estrogen sintetik paling banyak digunakan untuk kontrasepsi oral dalam kombinasi dengan progestin.
2.      Menopause. Pada usia sekitar 45 tahun umumnya fungsi ovarium menurun. Terapi pengganti estrogen dapat mengatasi keluhan akibat gangguan vasomotor, antara lain hot flushes, vaginitis atropikans dan mencegah osteoporosis.
3.      Vaginitis Senilis atau Atropikans. Radang pada vagina ini sering berhubungan dengan adanya infeksi kronik pada jaringan yang mengalami atrofi. Dalam hal ini, estrogen lebih berperan untuk mencegah daripada mengobati.
4.      Osteoporosis. Keadaan ini terjadi karena bertambahnya resorpsi tulang disertai berkurangnya pembentukan tulang. Pemberian estrogen dapat mencegah osteoporosis berkelanjuitan atau dapat pula diberikan estriol.
5.      Karsinoma Prostat. Karena estrogen menghambat sekresi androgen secara tidak langsung maka hormon ini digunakan sebagai terapi paliatif karsinoma prostat.
6.      Perdarahan menstruasi hemoragik
7.      Kegagalan perkembangan ovarium
8.      Hirsutisme
Hirsutisme adalah gejala munculnya rambut pada bagian tubuh perempuan yang biasanya tidak ditumbuhi rambut seperti di bawah dagu atau di atas bibir. Hirsutisme bukanlah merupakan penyakit namun gejala (symptom) saja. Kemungkinan ada kelainan medis lainnya, apalagi jika hal ini muncul setelah pubertas.

• Kontraindikasi
a.       Kehamilan teratogenik
Teratogenik (bahasa Inggris:Teratogenesis) adalah istilah medis yang berasal dari bahasa Yunani yang berarti membuat monster. Dalam istilah medis, berarti perkembangan tidak normal dari sel selama kehamilan yang menyebabkan kerusakan pada embrio. Ada sejumlah bahan bersifat teratogenik antara lain infeksi virus rubella, konsumsi alkohol selama kehamilan, merokok selama kehamilan, paparan radiasi sinar X dan sejumlah obat-obatan seperti warfarin dan Roaccutane.
b.      Neoplasma yang tergantung estrogen
Neoplasma adalah kumpulan sel abnormal yang terbentuk oleh sel – sel yang tumbuh terus menerus secara tidak terbatas, tidak berkoordinasi dengan jaringan sekitarnya dan tidak berguna bagi tubuh.
c.       Perdarahan pervaginam
Perdarahan yang terjadi pada masa kehamilan kurang dari 22 minggu. Pada masa kehamilan muda, perdarahan pervaginam yang berhubungan dengan kehamilan dapat berupa: abortus, kehamilan mola, kehamilan ektopik.
d.      Kerusakan hati
e.       Kelainan tromboembolik
Tromboemboli adalah kelainan pada masa nifas yaitu masa setelah melahirkan dimana terjadi sumbatan pada pembuluh darah yang disebabkan oleh adanya darah yang membeku

Efek Samping
Meskipun estrogen memberikan manfaat positif bagi wanita, bentuk-bentuk tertentu dari kanker payudara menggunakan estrogen sebagai hormon pertumbuhan. Perawatan terhadap jenis kanker jenis ini difokuskan untuk memperlambat produksi estrogen.
a.       Nausea (memburuk pada waktu pagi, kemudian terjadi toleransi)
nausea adalah rasa ingin untuk muntah. Banyak sekali hal dapat menyebabkan hal ini diantaranya obat-obatan, emosi, metabolik dan proses fisiologis. Hal ini akan merangsang pusat mual yang terdapat di batang otak.
b.      Nyeri tekan payudara dan edema
c.       Ginekomastia
Ginekomastia adalah pembengkakan pada jaringan payudara pada laki-laki atau laki-laki, yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon estrogen dan testosteron. Bayi yang baru lahir, anak laki-laki memasuki masa puber dan orang tua sering mengalami ginekomastia sebagai akibat dari perubahan kadar hormon.

Apapun masalahnya, estrogen adalah hormon reproduksi wanita yang paling penting dan mengatur banyak hal dari kehamilan hingga memori.
Berikut adalah 5 tips untuk meningkatkan kadar hormon estrogen dalam tubuh:
1. Obat Estrogen
Dokter mungkin akan meresepkan obat yang dapat membantu meningkatkan estrogen. Obat dapat diberikan melalui suntikan maupun oral.
Obat tersebut dapat merangsang produksi estrogen dan mengganti estrogen yang tidak lagi diproduksi secara alami oleh tubuh, seperti estrogen terkonjugasi atau estrogen kuda terkonjugasi di bawah merek Premarin, patch, estrogen yang terbuat dari senyawa estrogen tunggal obat-obatan seperti raloxifene dan alendronate, obat herbal seperti Black Cohosh, yang dikenal untuk membantu mengurangi gejala menopause, dan hormon lain yang terlibat seperti progesteron atau progestin.
2. Meningkatkan Berat Badan
Kekurangan gizi akan menghentikan produksi estrogen dalam tubuh. Berat badan yang rendah (persentase lemak yang rendah) akan menurunkan produksi hormon yang amat penting ini. Berkonsultasilah dengan dokter mengenai berat badan serta kebiasaan makan Anda, untuk menentukan apakah berat badan menjadi faktor berkurangnya produksi estrogen.
3. Banyak Makan Kedelai
Menurut beberapa penelitian, makanan alami seperti kedelai bisa membantu meningkatkan produksi hormon estrogen. Namun, makanan tidak dapat memperbaiki kekurangan hormon estrogen parah, jadi pastikan untuk mendiskusikan perubahan diet dengan dokter.
4. Menggunakan Obat Kontrasepsi
Selain digunakan sebagai pengendali kehamilan, obat kontrasepsi bisa pula digunakan untuk membantu mengatur produksi dan metabolisme estrogen. Beberapa obat kontrasepsi mengandung estrogen dan progesteron, sedang obat lainnya hanya mengandung estrogen. Berkonsultasilah dengan dokter untuk memilih obat kontrasepsi yang tepat.
5. Suplemen Estrogen
Pertimbangkan untuk menggunakan suplemen estrogen. Ini merupakan pilihan populer bagi orang-orang yang lebih memilih cara alami atau holistik untuk meningkatkan estrogen. Suplemen estrogen biasanya mengandung herbal dan protein yang membantu proses produksi estrogen dan hormon wanita lainnya, serta relatif lebih terjangkau dibanding perawatan lain.
http://medicastore.com/apotik_online/image/estrogen.jpgDi antara banyak suplemen esterogen, yang umum dijumpai yaitu Premarin. Suplemen ini berasal dari urin kuda betina hamil yang mengandung berbagai jenis esterogen. Namun hanya setengah dari substansi esterogen di dalam Premarin dapat ditemukan pada tubuh manusia.


















4 komentar:

  1. makasih artikelnya admin,,,bermanfaat bagi banyak orang dan mudah di pahami,,di klik jugaArtikel kesehatan terbaru

    BalasHapus
  2. Harrah's Cherokee Casino Resort - JT Hub
    Harrah's 전라남도 출장샵 Cherokee Casino Resort. 777 Casino Drive, Cherokee, NC 28719, United States - Use this simple form to find 충주 출장마사지 hotels, 김제 출장마사지 motels, and other 대전광역 출장안마 lodging near the 과천 출장안마 Harrah's

    BalasHapus